Pertemuan 3 Sistem Pakar


PERTEMUAN 3 : MODEL SISTEM PAKAR



Jawablah Soal-soal Ini dengan Singkat dan Benar

1. Suatu proses untuk mengumpulkan data-data pengetahuan tentang suatu masalah dari pakar, disebut fasilitas akuisisi pengetahuan

2. Dalam pemrograman visual umumnya disediakan sarana  untuk  mengembangkan  tabel-  tabel penyimpanan data yang terangkum dalam sebuah  database, disebut basis
pengetahuan dan basis aturan

3. Bagian sistem pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan isi daftar aturan berdasarkan urutan dan pola tertentu. Selama proses  konsultasi  antara  sistem  dan pemakai, mekanisme inferensi menguji aturan satu  persatu  sampai  kondisi  aturan  itu benar, disebut .... mekanisme inferensi

4. Fasilitas  ini  memungkinkan  sistem untuk  mengembangkan   dirinya   sendiri   dengan memilah atau mengelompokan kembali fakta yang sudah ada, disebut fasilitas
belajar mandiri

5. Bagian komponen  sistem pakar  yang  memberikan  penjelasan  tentang  bagaimana program dijalankan, apa yang harus dijelaskan kepada pemakai tentang suatu masalah, memberikan rekomendasi kepada pemakai, mengakomodasi kesalahan pemakai dan menjelaskan bagaimana suatu masalah terjadi, disebut fasilitas penjelasan sistem

6. Di bawah ini merupakan unsur penting dalam pengembangan Sistem Pakar, yaitu ....
pakar, sistem, dan pemakai

7. Secara  umum  ada  dua  teknik  utama  penting  dalam  mekanisme  inferensi  untuk  pengujian aturan, yaitu .... penalaran maju (forward reasoning) dan penalaran mundur (reverse reasoning)

8. Dalam sistem pakar,  fasilitas penjelasan  sistem sebaiknya diintegrasikan  ke  dalam tabel  basis  pengetahuan  dan  basis  aturan  karena  hal  ini  lebih  memudahkan  perancangan sistem, disebut .... fasilitas penjelasan sistem

9. Komponen  ini  memberikan  fasilitas komunikasi antara  pemakai  dan   sistem, memberikan  berbagai  fasilitas informasi dan  berbagai  keterangan   yang   bertujuan  untuk membantu  mengarahkan  alur  penelusuran  masalah  sampai  ditemukan  solusi,  disebut .... antarmuka pemakai

10. Salah   satu  syarat    utama    membangun    antarmuka  pemakai  adalah kemudahan
dalam menjalankan sistem, tampilan yang  interaktif,  komunikatif,  dan  mudah  bagi pemakai


copyright © Gambar pada header


Komentar